Yang akan kita share kali ini adalah mengenai speaker berfrekuensi rendah, dalam tone control dikenal dengan bass. Dalam praktiknya untuk menghasilkan nada bas pada speaker kita gunakan speaker yang berjenis woofer. Untuk itu kita kupas sedikit  perbedaan antara speaker woofer dan subwoofer. Masing-masing jenis speaker tersebut memiliki berbagai macam karakteristik dan perbedaan. SubWoofer adalah sistem speaker bass yang bisa menghasilkan frekuensi lebih rendah dari woofer biasa dengan tambahan low pass filter.Walaupun sub-woofer tidak harus memakai dua speaker yg dipasang berlawanan kutub seperti kata edgar, sub-woofer yang bagus adalah yang menggunakan 2 woofer agar volume suara tetap keras.
Sub woofer tidak selalu harus dengan woofer khusus, karena woofer biasa pun bisa dibangun menjadi subwoofer, dengan menambahkan amplifier low pass filter. Tata suara (sound system) canggih sekalipun hanya menyertakan 1 subwoofer beserta beberapa speaker lain.
Berikut ini perbedaan speaker Woofer  dengan speaker Sub Woofer:
1.      Dengan keterangan kata SUB, berarti speaker tersebut harus mampu menghandle nada dibawah bass.
2.      Speaker bass bisa memakai speaker dengan pinggiran konesnya tanpa karet.
3.      Kinerja semua speaker (Tweeter, Middle, Woofer maupun Sub Woofer) sangat tergantung dari sumber sinyal dan Pre Amp dan Power Ampli nya. Jadi kalau tidak didukung oleh ketiga faktor tersebut, ya tidak akan menghasilkan nada yang baik (tone control).
4.      Speaker Sub Woofer, memakai pinggiran kones dengan karet, agar pergerakan kones nya lebih flexible.
5.      Seperti Ampli pada mobil, keluarannya adalah 4 ohm, sedangkan ampli rumahan umumnya 8 ohm, namun ada juga yg 16 ohm. Jadi sesuaikan speaker dengan amplinya.
6.      Mengenai Ohm nya, 100% tergantung dari Output Ampli nya
Jadi kunci utama perbedaan terletak pada nada rendah (bass) yang dihasilkan. Subwoofer mampu menghasilkan nada rendah dibawah rata-rata woofer biasa, dan hasil nadanya juga lebih merdu dan empuk (kaya kasur kali ye…). Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Terima kasih.