Mungkin banyak orang yang mencari gimana seh cara mengkonversi suatu kaset menjadi lagu dengan format mp3 atau juga byk yang udah tahu juga cara konversinya. Mungkin juga udah banyak orang yang mencari mencari suatu alat atau hardware agar lebih mudah untuk digunakan.
Pertama-tama siapkan beberapa hal sebelum anda memulainya:
Pemutar kaset (cassette player) yang bisa berupa walkman atau tape deck
- Kabel Stereo (Stereo Patch Cord) untuk menyambung walkman dengan kartu suara (sound card) yang terletak di belakang CPU. Anda bisa membelinya di toko-toko audio dengan harga yang pasti tidak mahal, pastikan ukurannya sesuai dengan headphone di walkman dan juga kartu suara tersebut.
- Aplikasi Audacity untuk merekam suara dari kaset ke bentuk digital. Jangan kuatir aplikasi ini adalah aplikasi Open Source yang berarti gratis.
masuk ke prosedur perekaman:
Install file Audacity ke komputer anda, kemudian buka menu “Preferences” (Edit >> Preferences) dan pastikan “Channels” diset ke “Two” (dua).
Masih pada bagian yang sama, klik Tab “File Formats” dan konfigurasikan Audacity dengan LAME MP3 encoder dengan cara mengklik “Find Library” dan masukkan file “lame_enc.dll” yang terletak di folder Audacity.  Setelah itu pilih Bit Rate yang diinginkan, untuk standar, kita bisa menggunakan 128.
Untuk memasukkan file “lame_enc.dll”, caranya adalah file yang telah anda download sebelumnya (libmp3lame-win-3.98.2 dalam bentuk file ZIP), Copy and Paste file “lame_enc.dll” ke folder aplikasi Audacity (biasanaya terletak di C:Program FilesAudacity).
Setelah semua prosedur diatas selesai dan kabel sudah disambungkan, saatnya memastikan bahwa antara walkman dengan komputer sudah tersambung.

Caranya dengan memutar walkman tersebut dan seharusnya anda akan mendengar suara tersebut di komputer. Anda juga bisa mengatur tingkat suara yang keluar di komputer dengan cara mengatur kontrol “Input Level”.
Setelah semuanya sudah sesuai, anda bisa memulai merekamnya dengan cara menekan tombol record di Audacity kemudian putar kaset yang sudah anda masukkan di walkman.
Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa mungkin anda perlu melakukan “Trial dan Error” untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus.
Untuk Tutorial Manual dapat klik disini
Untuk Tutorial Video dapat klik disini