Cara Membuat Led Flip-Flop dengan IC 555 yang sering disebut juga rangkaian astabil multi fibrator. Berbeda dengan flip-flop terdahulu memiliki dua keluaran. sedangkan pada rangkaian led Flip-Flop dengan IC 555 hanya sebuah keluaran saja. Sebenarnya proses pembuatannya gampang dan lebih gampang dari merakit rangkaian flip-flop dengan transistor terdahulu. IC 555 merupakan komponen yang bisa menghasilkan sinyal atau denyut berupa pulsa. Biasanya pada rangkaian jam digital IC 555 ini digunakan untuk pembangkit pulsa pada denyut detik. 

Cara Membuat Led Flip-Flop dengan IC 555sudah lama tidak saya membuat artikel tentang rangkaian elektronika. Gara-gara sibuk dengan optimasi di kontes SEO seperti Kursus dan Belajar Bahasa Inggris dan beberapa situs yang merupakan proyek untuk menghasilkan pundi-pundi recehan dollar secara online. Keasikan itu karena telah membuahkan hasil. walaupun ada juga yang anjlok akibat perubahan algoritma google. Oh, ya langsung aja artikel kali ini merupakan proyek work bagi siswa di SMKN2 Tanjungbalai kelas X teknik audio video pada pelajaran digital dasar.

Rangkaian led berkedip ini merupakan rangkaian dasar bagi pendenyut pulsa pada rangkaian jam digital. Otak dari rangkaian ini adalah IC 555 yang merupakan penghasil pulsa clock secara otomatis. Nilai elco 4.7uF bias diubah-ubah dengan nilain yang lainnya, hanya efek led akan berkedip lebih kencang atau makin perlahan. Komponen banyak dipasaran dan harganya terjangkau bagi para pemula pecinta elektronika untuk bereksperimen
Skema flip-flop dengan IC 555
Rangkaian flip-flop dengan IC 555
Komponen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  1. IC 555  1 buah
  2. Resistor  10K 2 buah
  3. Resistor 220 Ohm 1buah
  4. elco 4,7 mikrofarad 1 buah
  5. kondesator 0.1 mikrofarad 1 buah
  6. Led 1 buah
Tataletak flip-flop dengan IC 555
Tataletak komponenflip-flop dengan IC 555
layout PCB flip-flop dengan IC 555
Layout PCB flip-flop dengan IC 555

Rangkaian ini merupakan materi dasar teknik digital dasar pada mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program study Teknik Audio Video pada kurikulum spektrum terbaru. Rangkaian ini juga bisa kamu dapatkan di Buku Kriya Elektronika.