Layout PCB dan Tata Letak Komponen Rangkaian Inverter berikut ini adalah sebuah rangkaian yang akan mengubah arus DC menjadi AC biasanya disebut  Inverter. Dengan hadirnya layou dan tataletak semakin memudah bagi kamu yang ingin praktik. Sebenarnya rangkaian ini sudah saya ramu dalam sebuah buku kriya elektronik. Bagi kamu yang berminat bisa langsung menghubungi saya atau berkomentar di artikel ini.

Apa sebenarnya rangkaian Inverter itu ?  

Rangkaian Inverter adalah rangkaian pengubah tegangan DC (Directing Current) menjadi tegangan AC (Alternating Current). Walaupun hanya dapat menyalakan lampu maksimal 30 Watt tetapi rangkaian ini merupakan rangkaian pionir  dalam memanfaatkan tenaga listrik dengan menggunakan sebuah energi baterai basah atau accu.

Rangkaian Inverter yang paling umum adalah 12V ke 220V inverter. Mungkin hal itu karena baterai umumnya memiliki tegangan 12V. Rangkaian inverter ini biasanya menarik arus dari baterai 12 DC. Baterai ini harus dapat memberikan aliran arus yang cukup besar. Arus ini kemudian diubah menjadi 220 VAC alternatif berbentuk gelombang persegi sehingga kita bisa meggunakan peralatan listrik yang bekerja pada 220V dari sumber 12V. 
tata letak komponen inverter
Tata Letak Komponen rangkaian Inverter

Rangkaian Inverter
Rangkaian Inverter
Dalam perakitan ini yang perlu diperhatikan adalah besar trafo CT yang digunakan, semakin besar trafo yang digunakan semakin baik daya yang dikeluarkan. Begitu pula baterai yang digunakan, semakin besar energi baterai maka semakin maksimal daya yang dikeluarkan.
Untuk lebih jelasnya berikut ini saya lengkapi dengan gambar tata letak komponen dan lay out PCB untuk mempermudah bagi kamu elektronik pemula.
layout pcb inverter
Lay Out PCB rangkaian Inverter

Nah, mudah-mudahan artikel khusus rangkaian elektronik Layout PCB dan Tata Letak Komponen Rangkaian Inverter  kali ini bisa memberikan semangat bagi kamu yang doyan dengan praktik elektronika pemula khususnya bagi siswa-siswi SMK kejuruan teknik elektro di Indonesia terkhusus bagi siswa saya di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.